katasapril

kata-kata sapril

Fasilitas Khusus di Dufan Bikin Penyandang Cacat Mandiri


Orang Cacat-Difabel Juga Butuh Hiburan Kan?

Temans, saya kutipkan berita dari detik.com kali ini ya, sekedar berbagi🙂

Jakarta – Meski fasilitas khusus bagi penyandang cacat masih minim di Jakarta, tapi beberapa area publik telah membangunnya. Dengan adanya fasilitas khusus ini, menjadikan penyandang cacat mandiri. Hal tersebut terlihat di berbagai wahana di Dunia Fantasi (Dufan) Ancol.
“Pengalaman dari teman-teman operasional dalam melayani pengunjung kebutuhan khusus, mereka justru sangat mandiri. Apabila mereka merasa sanggup atau tidak kesulitan untuk menggunakan fasilitas, maka mereka biasanya memilih untuk melakukannya sendiri. Namun apabila mereka meminta pelayanan, maka teman-temen operasional pasti akan mengulurkan tangan untuk membantu,” kata Humas Ancol Nicke Putri kepada detikcom, Jumat (19/11/2010).

Di Ancol sendiri, dibangun sarana bagi penyandang cacat di pintu masuk, hingga antrean-antrean untuk wahana seperti di Istana Boneka, Bianglala, Turangga-rangga dan Perang Bintang. Fasilitas lain seperti toilet untuk pengunjung kebutuhan khusus seperti di toilet dekat Balada Kera (dekat Superbento dan Halilintar).

“Untuk jalan, kita buat 2 jalur yaitu jalur normal dan1 lagi untuk kebutuhan khusus,” tambah Nicke.

‎Tak hanya itu, beberapa fasilitas telepon umum pun sengaja dibuat agak lebih rendah agar pengunjung yang menggunakan kursi roda lebih mudah meraihnya. ” Kita berusaha memberikan pelayanan kepada seluruh pengunjung, tak terkecuali pengunjung dengan kebutuhan khusus. Kita ingin mereka turut merasakan kebahagiaan dalam berekreasi ke Ancol, bereksplorasi, dan melepas kejenuhan yg juga dialami setiap insan manusia.

Seperti diberitakan sebelumnya, PN Jakpus akan memasang jalan/ tangga khusus bagi orang difabel khususnya yang berkursi roda.  Hal ini berkaca dari pengalaman kedatangan nenek Sukartinah ke PN Jakpus kemarin. Nenek Sukartinah mendatangi PN Jakpus guna mendaftarkan gugatan pembatalan lelang.

Dia datang menggunakan kursi roda. Saat memasuki gedung, dia kesusahan karena anak tangga gedung tidak ada yang landai. Sehingga terpaksa beberapa orang mengangkat kursi roda dengan susah payah.

Sumber tulisan: detik.com

*penggunaan istilah penyandang cacat sekarang lebih umum digantikan dengan istilah difabel-different ability, kemampuan berbeda. Untuk menggantikan istilah handicapped, atau disabled.

**gambar tidak diambil dari detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: