katasapril

kata-kata sapril

Agas: Sepupunya Nyamuk


Tapi, Agas jadi Branding Luar Biasa

Well kali ini saya ingin menuliskan sesuatu yang menurut saya cukup menarik; AGAS.

Baik, kita mulai dari asal kata aslinya. Agas, saya cari-cari di om G bahasa Indonesia, nyari di KBBI–Kamus Besar Bahasa Indonesia pun  keterangannya hanya: nyamuk kecil. Tapi nyari di  kamus Wiki ketemu sand fly. Ah, lebih baik saya kutipkan langsung saja deh:

Sand flies
Phlebotomus papatasi
Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Arthropoda
Class: Insecta
Order: Diptera
Suborder: Nematocera
Infraorder: Psychodomorpha
Family: Psychodidae
Subfamily: Phlebotominae
Genera
Brumptomyia
Lutzomyia
Phlebotomus
Sergentomyia
Warileya

*semoga berguna buat para guru atau siswa yang sedang nyari hal serupa🙂 wink wink…

Kami menyebutnya KEKAP. Beda dengan nyamuk yang kami sebut RENGIT.

Di Belitong memang banyak serangga kecil satu ini–AGAS. Banyak pelancong yang sering mengeluh dengan hewan mungil ini karena gigitannya yang pedas dan bikin gatal berhari-hari. Saya pun sebagai orang lokal tetep aja risih kalo digigit nyamuk kecil ini. Gatel! Tapi sebenarnya tidak sepanjang waktu Agas banyak, ada musim-musim tertentu, yang banyak biasanya musim angin kencang–angin barat. Kapan tu ya? sekarang uda ga jelas lagi, biasa januari-maret seingat saya waktu tinggal di pulau kelahiran saya: Suak Gual.

Tipsnya, kalo maen ke Belitong, bawa spray kulit anti-nyamuk, ato lotion anti-nyamuk. Lupa bawa? Beli aja di warung, banyak huehehehe… Ato bawa jaket dan pake waktu menjelang senja. Agas baru menyerang menjelang senja, magrib, gelap. Kalau mau sedikit cerewet dan menginap di hotel yang bagus di pinggir pantai, mintalah kelambu hihihihi…

Iya, tadi itu Agas yang sepupunya nyamuk, tapi yang berikut ini AGAS yang bukan sepupunya nyamuk. Tapi merek sebuah kaos lokal yang meskipun keren, saya ga punya satu pun–kasih saya dong satu xixixixi… eh, adek-adek saya punya deng, beli.

Berarti saya ga bangga dong? Bukan begitu, setiap bulan kok ga pernah ada bujet beli kaos ya? *pelit…!*

Nah, Agas ini kaosnya selalu menampilkan image atau kata-kata tentang atau berhubungan dengan Belitong. *Waduh… saya ga punya gambarnya lagi*. Kalo Jogja punya DAGADU*artinya matamu, dalam bahasa walikan Jogja*, Bali punya Joger, Belitong juga punya AGAS, uhuyy…

Denger-denger ni, kaos ini uda nyampe manca negara. Kok bisa? Iya, naik pesawat terbang. Maksudnya orang-orang Belitong yang mukim di luar negeri itu pada beli (atau nitip sama sodara buat dibeliin) kaos Agas ini. Salut dengan semangat rumpun cabik–kecintaan terhadap homeland.

Uniknya, yang ngiler ingin punya ini kaos ga bakalan bisa nemu di toko kaos manapun di luar Belitong. Kalo pengen kaos Belitong, datanglah ke Belitong! Itu pesannya, canggih! Beli kaos dapat Belitong. Eh, kebalik, Maen ke Belitong dapat kaos, beli maksudnya🙂 Di Belitong pun cuma ada tiga tempat yang jual kaos ini, pertama di Sarang AGAS Tanjung Pendam, Sarang Agas Bandara H.A.S Hanandjoeddin, (bukan) Sarang Agas di galeri KUKM Disperindag jalan Sriwijaya. Selain itu? Ga ada. Ekslusif, itu image yang ingin dibangun.

Saking bangganya Biak Belitong dengan kaos ini, ga afdol JJS sabtu-minggu ga pake kaos ini. Hihihihi… lebay ah!

Eh, saya dibayar ga nulis ini? ENGGAK! *kalo mau bayar ongkos promo juga ga pa pa… xixixixi* karena salah satu founder-nya adalah karib saya, juga karena saya suka misi mereka yang menjual Belitong dengan cara kreatif.

*Ada beberapa brand kaos lokal yang lain, tapi kok ga terlalu nancep ya?

**Siapa lagi yang mau promo ga pake bayar? kontak saya 🙂

2 responses to “Agas: Sepupunya Nyamuk

  1. sapril01 November 17, 2010 pukul 3:23 pm

    Pesan untuk sang teman: Mau melengkapi artikel ini dengan salah satu gambar kaos AGAS mu?

  2. Ruaida Halim Mei 15, 2013 pukul 11:11 am

    keren bang….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: