katasapril

kata-kata sapril

Blog Bersahaja Sebuah Kota


Tangerang Selatan Ofisial Web Blog Berbasis WP, keren!

Sebelumnya lagi liat-liat dasbor wordpress.com, ada daftar blog-blog yang tumbuh dengan cepat pada hari minggu (14/11) kemaren. Dan tersebutlah sebuah blog yang bernama Tangerang Selatan.

Setelah diklik tautan (link) nya, dan ternyata terlihat tampilan yang sudah sangat familiar: wp banget!

Loadingnya juga cepet, ga lama nunggu seperti web-web official plat merah lain. Ah salut lah. Liat aja namanya aja masih ada embel-embel wordpress.com di belakangnya.

Semangat transparansi dan melayani itu yang diutamakan, ketimbang tampilan.

Iyalah, sedikit banyak untuk menganggarkan sebuah website resmi itu memakan waktu minimal 6 bulan–berapapun bujetnya–melalui pengusulan dari SKPD, rapat panitia anggaran bersama DPRD, revisi, baru deh disetujui. Iya kalo disetujui oleh dewan. Kalo enggak? ga bakalan punya website itu kabupaten…

Nah itu dari segi pengaggaran yang memakan waktu. Terus dari segi teknis pembuatan websitenya… kalo tender (ada ga sih pemda yang pernah menggarkan sebuah website sampai 50 juta lebih?–tender untuk nilai proyek >50juta) makan waktu lagi buat proses tendernya. Kalo penunjukan langsung, setidaknya sudah berapa bulan lagi….

Setidaknya satu tahun baru bisa punya website ofisial… kalo anggota dewannya menganggap itu penting dan bermanfaat. Kalo enggak? Ya ga usah punya website, gitu aja kok repot. Website ga bisa meningkatkan PAD… *ngawur mode: on*

Atau, seperti yang dilakukan kota Tangerang Selatan ini. Bikin blog! Beres.

Murah, saya ga bilang gratis. Cepet, ga pake nunggu persetujuan rapat anggaran. Ga pake ribet. Cukup tunjuk konsultan, atau staf yang bisa, keluarkan SK penanggungjawab website (IT atau apalah namanya), selesai. Tinggal update-update content saja. Mudah.

Kalo stafnya pindah, transfer ilmu buat penggantinya juga gampang. CMS–content management system–WP kan ga ribet, panduan intensif sehari aja bisa. Buat ngelancarin ya onlen tiap hari biar terasah.

Kalo ngadain pelatihan bikin website, materi yang dipelajari banyak; design grafis, CMS, Domain + hosting. Semuanya harus dikompres dalam sehari. Iya kalo yang ikut pelatihan sudah punya basis internet yang bagus, setidaknya sudah biasa onlen setiap hari dan sedikit banyak tau tentang website builder, atau website mastering. Kalo yang ikut staf baru masuk CPNS, bukan jurusan komputer, ga pernah onlen? *wedew… ga kebayang…*

Dan satu lagi: interaktivitas! Blog sudah lekat dengan image interaktif. Tersedianya kotak komentar memudahkan masyarakat umum untuk melapor, memprotes, curhat, atau sekedar menyampaikan terimakasih atau pujian terhadap kinerja pemdanya.

Sekali lagi, salut buat Tangerang Selatan. Jempol dah! ^_^V

Selanjutnya, terus pake platform gratisan? Pilihan sih, kan biasanya untuk government sudah ada suffix nya sendiri .go.id (Indonesia).  Paling, domainnya aja kali ya pake .go.id terus mesinnya WP xixixixi… hidup WP!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: